Laman

Selasa, 13 Juli 2010

RANCANGAN PROPOSAL PENELITIAN PENDIDIKAN SEJARAH

PROPOSAL PENELITIAN PENDIDIKAN SEJARAH
A. Latar Belakang
Menjelaskan hal-hal umum yang melatarbelakangi lahirnya masalah yang hendak dikaji dengan memperhatikan sumber atau rujukan yang memadai dalam tulisan sehingga nantinya dapat dipertanggung jawabkan.
B. Rumusan Masalah
Sebagaimana yang dipaparkan pada latar belakang diatas, ................................... . Untuk lebih jauh guna melaksanakan penelitian tentang objek kajian ini maka penulis seyogyanya melakukan perumusan masalah terhadap masalah yang menjadi topik kajian ini sebagaimana yang ada dalam perntaan masalah di bawah ini.
1. Pernyataan Masalah
Adapun pernyataan masalah sebagaimana berikut ini :
a. Bagaimana keadaan (dsb-nya) ....................?
b. Sejauhmana eksistensi (dsb-nya) .................?
c. Bagaimana Peran (dsb-nya) ............. ?
2. Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian tentang “judul penelitian di tuliskan” memiliki arti penting tersendiri bagi penelusuran Historiografi ......... dan olehnya itu, disini perlu melakukan pembatasan terhadap ruanglingkup kajian agar dalam penyusunan hasil penelitian dapat tersusun teratur dan sistematis berdasar pada koridor penelitian sebagaiman mestinya. Adapun batasan Spasial (Lokasi/Wilayah) dalam kajian ini yakni terletak di daerah .........Tempat kita meneliti............................ sebagai ..........fakta penguat yang diteliti...................... sementara batasan Temporal (Waktu)nya berada pada ............... tahun............. dimulainya peristiwa sebagai .........berikan alasan yang tepat karena merupakan waktu penunjuk................ dan berakhir pada ..............tahun........... dimana .........berikan alasan yang tepat karena merupakan waktu penunjuk................
C. Tujuan Penelitian
Adapun penelitian ini bertujuan sebagai berikut:
1. Ingin mengetahui keadaan (dsb-nya)...............
2. Ingin mengetahui eksistensi . (dsb-nya).................
3. Ingin mengungkapkan tentang .. (dsb-nya)................
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan agar dapat bermanfaat untuk:
1. Memberikan gambaran tentang keadaan .. (dsb-nya)................
2. Mengemukakan perihal tentang eksistensi .. (dsb-nya)................
3. Memberikan gambaran tentang .. (dsb-nya)................
4. Dapat menjadi literatur bagi penelitian Selanjutnya.
E. Kajian Pustaka
Dalam bukunya, siapa judulnya Apa. Menerangkan tentang bagaimana hal-yang berkaitan dengan apa yang kita teliti (Kajian). Catatan : Makin banyak sumber atau literatur yang digunakan dalam kajian pustaka maka semakin mempermudah penulis dalam menganalisis permasalahan yang akan diteliti. Sekurang-kurangnya sumber (Kajian pustaka yang digunakan minimal 3 judul buku) dengan kriteria memiliki hubungan dengan yang kita teliti.
F. Historiografi Yang Relavan
Siapa Penulisnya? (dituliskan nama dengan jelas). Dengan judul bukunya Apa? yang diterbitkan dimana? oleh PT/Percetakan mana? Pada Tahun berapa? Buku ini menjelaskan tentang apa saja?. Manfaat bukunya bagaima ? baik ditinjau secara umum maupun secara khusus terhadap penelitian yang kita lakukan, sejauhmana kesamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh literatur ini dengan penelitian yang kita lakukan. (Historiografi yang relefan dengan penelitian minimal 3 judul buku) dengan kriteria memiliki hubungan dengan yang kita teliti.

G. Metode Penelitian dan Pendekatan Penelitian
1. Metode Penelitian
Mencoba memaparkan tentang metode atau tehnik yang dipergunakan dalam pengumpulan data. Hal-hal lainnya pun harus diperhatikan misalnya aspek permasalahan serta ketersediaan sumber yang digunakan. Maka nantinya akan dapat kita memandang Sesuai dengan judulnya (...............................................................) ganu kita mengarahkan arah ataupun ranah kajian dan penelitian yang penulis ambil dalam penyusunan Skripsi ini menggunakan Metode misalnya metode penelitian Sejarah (Historis).
Setelah kita menentukan Metode yang digunakan kitapun senantiasa menjabarkan metode penelitian sejarah seperti apa ? (misalnya kita dapat melihat kecenderungan prosedural penyusunan data-data secara detail dalam bentuk tahapan-tahapan pelaksanaan penelitian sejarah seperti apa dan bagaimana?.
2. Pendekatan Penelitian
Pendekatan yang hendak dilakukan seperti apa dalam pelaksanaan penelitian sebagaimana kalau digunakan metode sebagaimana yang ada pada poin 1 (Pertama) diatas ? setelah itu kita baru menentukan (menitik beratkan) penelitian pada kajian-kajian yang berupa pelaksanaan seperti : Kepustakaan? Observasi atau Pengamatan? atau penggunaan teknik Wawancara?. (Catatan: dalam penelitian Sejarah ketiga-tiganya pendekatan diatas dapat kita gunakan sekaligus dalam satu pelaksanaan penelitian) Kalau studi kepustakaan yang kita dahulukan, maka sumber-sumber yang dianggap relavan dengan judul penelitian kita dimana kita peroleh? Dan seterusnya ketika kita hendak melaksanakan wawancara, dengan siapa kita melakukan wawancara (catat hasil wawancara kalau perlu itu direkam supaya menjadi sumber Otentik bagi penelitian yang kita laksanakan) selain itu kita juga dapat melakukan pengamatan atau mengamati atau Observasi terhadap benda-benda atau barang peninggalan yang memiliki keterkaitan dengan obyek yang diteliti (disini, hasil pengamatan pada saat pelaksanaan penelitian kalau tidak bisa di bawa barangnya untuk dijadikan bukti otentiknya kita hendaknya mendokumentasikannya lewat gambar).
H. Sistematika Pembahasan
Skripsi ini direncanakan dalam berapa Bab ? dan ditiap-tiap Bab-nya penulis berusaha membaginya ke dalam sub-sub pembahasan (Sub Bab) , agar senatiasa dapat mempermudah dalam memberikan pengklasifikasian masalah agar kiranya dapat mempermudah pembaca lebih-lebih bagi penguji guna mencari makna yang tertuang didalamnya.
Misalnya : Bab I merupakan bagian Pendahuluan yang terdiri dari sub pembahasan tentang (a). Latar Belakang Masalah, (b). Rumusan Masalah, (c).Tujuan Penelitian (d). Manfaat Penelitian, (e). Kajian Pustaka, (f). Historiografi yang Relafan (g). Metode Penelitian dan Pendekatan Penelitian serta (h). Sistematika Pembahasan. Sementara pada Bab II sampai Bab V lihat kemudian petunjuk Skripsi seperti apa dan bagaimana hal-hal yang perlu dibahas dalam penelitian anda yang berdasar pada judul.
Demikian Sistematika Pembahasan yang di rencanakan semoga dapat mengantarkan penelitian ini kepada suatu penelitian yang layak dan patut untuk dijadikan Referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya. Adapun hal-hal yang terkandung dalam sistematika pembahasan diatas dapat pula kita sederhanakan dalam bentuk Kerangka Outline sebagai berikut ini :

KERANGKA OUTLINE

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Kajian Pustaka
F. Historiografi yang relafan
G. Metode Penelitian dan pendekatan penelitian
H. Sistematika Pembahasan

BAB II GAMBARAN UMUM DAERAH PENELITIAN
A. Keadaan Alam dan Geografi dll
B. Keadaan Penduduk dll
C. Keadaan Sosial, Ekonomi dan Kebudayaan dll dalam suatu Masyarakat.

BAB III SESUAI KEBUTUHAN JUDUL AGAR LAYAK
A. Seperti Apa dan Bagaimana sehingga mengantar kepada masalah
B. Makin mendekat dengan masalah
C. Sangat dekat dengan masalah.

BAB IV MASALAH ATAU JUDUL YANG DIANGKAT
A. Kajian tentang Adanya Permasalahan
B. Berkembangnya permasalahan
C. Inti Permasalahan
D. Imbas/dampak dari permasalahan
E. Penutup dari permasalahan

BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Tinggalkan Pesan ya Mas,Mba,bu,pa,om,non dll