Laman

Minggu, 27 Juni 2010

LAPORAN

LAPORAN
KETUA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH
SEMESTER GANJIL T/A 2009/2010
   
A. Pendahuluan
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua hingga pada kesempatan ini kita masih dapat bekerja dan beraktifitas sebagaimana mestinya. Syalawat dan salam tidak lupa tercurahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW yang selalu menjadi Tauladan bagi kita pembawa cahaya kebenaran dimuka Bumi tercinta ini.
Jurusan Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa dikukuhkan dengan SK. MENDIKNAS No. 176/D/O/2007 dan memperoleh SK Perpanjangan dengan NOMOR 3531/D/T/K-VIII/2009. Dengan demikian keberadaan Jurusan Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima Legal secara Hukum didalam menjalankan tugas pokok sebagai pengembang Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) di Wilayah NKRI.
Loporan Kegiatan dan Pelaksanaan Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Sejarah Semester Ganjil 2009-2010 ini merupakan bukti konkrit tentang keseriusan serta kesungguhan Jurusan Pendidikan Sejarah dalam melaksanakan Tiga pokok darma perguruan tinggi yang dimaksud agar senantiasa dapat dinilai sejauhmana kinerja dalam pengelolaan tugas-tugas dalam pelaksanaan kegiatan dalam semester yang berjalan. Pada laporan ini akan menguraikan beberapa hal pokok (Kadaan Mahasiswa, Keadaan Nilai Mahasiswa, Keadaan & Kehadiran Dosen, Keadaan Satuan Acara Perkuliahan dan Keadaan Mata Kuliah) yang semuanya akan dibahas dalam point-point selanjutnya.
B. Kadaan Mahasiswa
Semester I : Terdiri dari dari 4 Kelas dengan Jumlah Mahasiswa 167 Orang
Semester III : Terdiri dari 3 Kelas dengan Jumlah Mahasiswa 140 Orang
Semester V : Terdiri 2 Kelas Reguler dan 1 Kelas Ekstensi dengan Jumlah Mahasiswa 156 Orang
Semester VII : Terdiri 3 Kelas Reguler dan 1 Kelas Ekstensi dengan Jumlah Mahasiswa 214 Orang
Semester IX : Terdiri 1 Kelas Reguler dan 1 Kelas Ekstensi dengan Jumlah Mahasiswa 146 Orang.
C. Keadaan Nilai Mahasiswa
Untuk Nilai mahasiswa di tiap angkatan dari tiap-tiap semester berkisar mulai dari IPK : 1,00 – 3,59. Nilai terendah diperoleh beberapa Mahasiswa disaat duduk di Semester III, IV dan V. Untuk KHS Sudah rampung dicetak (Print-Out) dan sudah dibagikan kepada Mahasiswa yang bersangkutan. Walaupun ada kendala pembagian pada Angkatan 2005, namun sampai sekarang ini tinggal beberapa Mahasiswa saja yang belum Ambil.
D. Keadaan & Kehadiran Dosen
Sementara keadaan Dosen di Jurusan pendidikan Sejarah sudah cukup memadai, tinggal disini bagaimana menata ulang tentang pembagian Job Mata Kuliah berdasarkan keahlian masing-masing. Untuk Mata Kuliah Dasar-dasar Antropologi diharapkan untuk diasuh oleh Sarjana Antropologi. Sementara sekarang ini mata kuliah ini diasuh oleh yang bukan dari Antropologi.
Mengenai Kehadiran Dosen di Jurusan Pendidikan Sejarah Alhamdulillah menunjukan Angka yang baik walaupun pada awal-awal Semester terjadi kesalahpahaman waktu anatara Mahasiswa dan Dosen dalam menyepakati waktu pengganti mengingat ada beberapa Dosen mengalami Tabrakan Jam mengajar di tempat tugas lain dengan jam Ngajar di Jurusan Pendidikan Sejarah.
E. Keadaan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
Disini kami mendapatkan kendala sampai pada hari ini masih banyak Dosen-dosen yang belum menyerahkan SAP kepada pihak Jurusan. Namun hal ini akan kami usahakan agar Dosen-dosen yang bersangkutan dapat menyerahkan SAP-nya masing-masing. Disamping itu pihak Jurusan akan berusaha membuat Garis-garis besar pokok Perkuliahan setiap Mata Kuliah yang ada agar dapat dijadikan Standar bagi Dosen dalam mengampuh Mata Kuliah yang ada di Jurusan Pendidikan Sejarah.

F. Keadaan Mata Kuliah
Persebaran Mata Kuliah / Semester
SEMESTER I
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SDK 5000 Pengantar Ilmu Pendidikan 3 W
2 SEJ 1000 Dasar-dasar Ilmu Politik 2 W
3 SEJ 1001 Dasar-dasar Ilmu Sejarah 2 W
4 SEJ 1002 Dasar-dasar Ilmu Ekonomi 2 W
5 SEJ 1003 Dasar-dasar Ilmu Geografi 2 W
6 SEJ 1004 Sejarah Indonesia Lama Sp Th 1500 M 2 W
7 SEJ 1005 Pengantar Sosiologi 2 W
8 SEJ 1006 Pengantar Antropologi 2 W
Jumlah 17
Catatan : Perlu ada Mata Kuliah Pengantar Arkeologi sebagai Ilmu Bantu Sejarah dalam menganalisis Peninggalan Sejarah dalam bentuk Benda (Artefak, Situs, Fosil dll)
SEMESTER II
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 DU 2001 Pendidikan Pancasila 2
2 DU 2003 Bahasa Indonesia 2
3 DU 2004 Bahasa Inggris 3
4 SDK 5001 Psikologi Perkembangan 3
5 SDK 5002 Pengantar Metode Penelitian 3
6 SEJ 1007 Dasar-dasar IPS 3
7 SEJ 1008 Sejarah Indonesia Abad 19-20 4
8 SEJ 1047 Sejarah Pendidikan 2
Jumlah 22
Catatan : Mata Kuliah Dasar-dasar IPS dinilai Mubazir karena Konsep Pembelajaran IPS termuat dalam tiga mata kuliah di SMT I (Dasar-dasar Ilmu Sejarah, Dasar-dasar Ilmu Ekonomi dan Dasar-dasar Ilmu Geografi) selayaknya digantikan dengan Mata Kuliah Sejarah Indonesia Masa Kerajaan Islam dan Penetrasi Barat (3 SKS) agar berkesinambungan dengan Mata Kuliah Sejarah Indonesia Lama SP Th 1500 M yang membahas sampai masa keruntuhan Kerajaan Hindu- Budha di Indonesia.
SEMESTER III
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SDK 5003 Teori Belajar dan Pembelajaran 4 W
2 DU 2002 Pendidikan Agama Islam 2 W
3 SEJ 1010 Sejarah Asia Tenggara 2 W
4 SEJ 1011 Sejarah Asia Selatan 2 W
5 SEJ 1009 Sejarah Indonesia Masa Pergerakan 2 W
6 SEJ 1013 Perencanaan Pengajaran Sejarah 3 W
7 SDK 5005 Dasar-dasar Statistik 2 W
8 DU 2005 Ilmu Alamiah Dasar 2 W
9 SEJ 1012 Dasar-dasar Filsafat 2 W
Jumlah 21

SEMESTER IV
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 DU 2006 Ilmu Budaya Dasar 2 W
2 SDK 5004 Profesi Pendidikan 2 W
3 SEJ 1014 Sejarah Asia Timur 2 W
4 SEJ 1015 Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan 3 W
5 SEJ 1016 Sejarah Asia Barat 2 W
6 SEJ 1017 Sejarah Eropa 3 W
7 SEJ 1018 Sejarah Kebudayaan Indonesia 2 W
8 SEJ 1019 Strategi Belajar Mengajar Sejarah 4 W
Jumlah 20
SEMESTER V
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SEJ 1020 Sejarah Amerika 3 W
2 SEJ 1021 Filsafat Sejarah 2 W
3 SEJ 1022 Sejarah Politik & Hubungan Internasional 2 W
4 SEJ 1023 Sejarah Maritim 2 W
5 SEJ 1024 Evaluasi Pengajaran Sejarah 4 W
6 SEJ 1025 Sejarah Australia dan Oceania 2 W
7 SEJ 1026 Kapita Selekta Sejarah Indonesia 2 W
8 SEJ 1027 Teori Sosial Budaya 3 W
Jumlah 20
SEMESTER VI
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SEJ 1028 Metodologi Sejarah 3 W
2 SEJ 1029 Historiografi 2 W
3 SEJ 1030 Sejarah Rusia 2 W
4 SEJ 1031 Penelitian Pendidikan Sejarah 3 W
5 SEJ 1032 Studi Sejarah Pemikiran Islam 2 W
6 SEJ 1033 Sejarah Intelektual 2 W
7 SEJ 1034 Sejarah Sosial Ekonomi 3 W
8 SEJ 1035 Sejarah Afrika 2 W
Jumlah 20
SEMESTER VII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SEJ 1036 Kapita Selekta Sejarah Dunia 4 W
2 SEJ 1037 Sejarah Lokal 3 W
3 SEJ 1038 Sejarah Kesenian 2 P
4 SEJ 1039 Sejarah Asia Tenggara Kontemporer 2 W
5 SEJ 1040 Sejarah Eropa Kontemporer 2 W
6 SEJ 1041 Sejarah Asia Timur Kontemporer 2 W
7 SEJ 1042 PPL I 2 W
Jumlah 17
Catatan : Mata Kuliah Pilihan Harusnya ada sebagai tambahan pengetahuan bagi Mahasiswa Sejarah tentang : Kemuseuman (2 SKS), Kearsipan (2 SKS), Sejarah Kota (2 SKS) dan Sejarah Lisan (2 SKS) sehingga dari 10 (sepuluh) SKS mata Kuliah Pilihan diharapkan 6 (Enam) SKS harus deprogram oleh Mahasiswa

SEMESTER VIII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS KET
1 SEJ 1043 PPL II 4 W
2 SEJ 1044 KKN 3 W
3 SEJ 1045 Seminar Sejarah 2 W
4 SEJ 1046 SKRIPSI 6 W
Jumlah 15

G. PENUTUP
Demikian Laporan ini Kami buat agar senantiasa dapat diperhatikan, lebih dan kurangnya kami mohon maaf. Tiada langkah dan upaya yang kami lakukan tanpa berkeinginan untuk memajukan Jurusan Pendidikan Sejarah yang Kami Pimpin. Semoga amal dan bakti kita semua dapat diterima sebagai amalan disisiNya.
Palibelo. 13 Januari 2010
Ketua Jurusan
Pendidikan Sejarah
STKIP Taman Siswa Bima



Y U S U F S.Pd
Asisten Ahli/III.a
NIDN. 0810128201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Tinggalkan Pesan ya Mas,Mba,bu,pa,om,non dll